Ekonom Prediksi Inflasi November 2019 Sebesar 0,20 Persen

0
166

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Peneliti ekonomi senior Institute Kajian Strategis (IKS) Universitas Kebangsaan RI Eric Sugandi memproyeksikan inflasi pada November 2019 berada di kisaran 0,20 persen secara bulanan.

Eric memprediksi, inflasi November akan disumbang oleh bahan makanan karena adanya peningkatan permintaan menjelang libur akhir tahun.

“Untuk bahan makanan yang menyumbang inflasi adalah daging ayam dan bawang merah, sementera kenaikan harga di bahan pangan olahan yaitu di makanan dan minuman kemasan,” ujar Eric, Jumat (29/11).

Baca: Bulog Minta Pemda Bentuk Tim Pengendali Inflasi

Sementara itu, dia mengatakan, secara tahunan inflasi November akan berada di kisaran 3,06 persen dan inflasi inti sebesar 3,21 persen.

Sedangkan, Ekonom Standard Chartered Aldian Taloputra memprediksi, inflasi pada November 2019 akan berda di kisaran Rp 0,21 persen secara bulanan.

Bila dilihat secara tahunan, inflasi akan berada di angka 3,07 persen dan inflasi inti sebesar 3,15 persen. Angka tersebut lebih rendah dari bulan sebelumnya.

Terkait hal ini, Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis angka indeks harga konsumen (IHK) atau inflasi pada November 2019 pada Senin (2/12) pukul 11.00 WIB. Selain itu, BPS juga akan merilis indefks harga perdagangan besar, perkembangan nilai tukar petani dan harga gabah, dan perkembangan transportasi dan pariwisata. (sh/wartaekonomi/kontan)

DISKUSI: