DPRD Kaltim dan Bupati Kutai Sambut Baik Pemindahan Ibu Kota Baru

0
119

LiputanIslam.com-DPRD Provinsi Kalimantan Timur dan Bupati Kutai menyambut secara baik keputusan Pemerintah Pusat memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur yakni di kabupaten Panajam Pasir Utara dan Kutai Kartanegara.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun di Samarinda, Selasa (27/8) mengatakan bahwa Kaltim paling siap menjadi tujuan pemindahan ibu kota karena di Kaltim telah tersedia lahan dan infrastruktur yang cukup representatif.

“Kaltim sudah punya jalan tol, selain itu secara geografis, kultur, dan budaya juga mendukung. Atas nama DPRD Kaltim, sangat mendukung rencana pemindahan ibu kota negara ke Kaltim,” kata Samsun.

Samsun menambahkan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim bakal memberikan dampak perubahan yang luar biasa di antaranya dari segi pembangunan, pertumbuhan ekonomi, dan banyak sektor lainnya, dan dampaknya akan langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi Sampaikan Lokasi Ibu Kota Baru

Sementara, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, Selasa, menyatakan bahwa pemindahan Ibu Kota ke Kaltim merupakan pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan pemerataan pembangunan nasional.

Sebab, secara geografis, Kaltim berada di tengah-tengah wilayah Indonesia, sehingga akan memudahkan koordinasi Pemerintah Pusat dengan wilayah seluruh Indonesia. Selain itu, dampak percepatan pembangunan yang terfokus di Kaltim, akan dirasakan oleh wilayah di sekelilingnya, seperti wilayah di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. (Ay/Antara)

DISKUSI: