Diplomat AS: Kami Tidak Ingin Intervensi Militer di Venezuela

0
124

Washington, LiputanIslam.com—Seorang diplomat AS mengklaim bahwa pemerintah Amerika tidak menginginkan intervensi militer di Venezuela di tengah krisis ekonomi dan politik yang sedang mengguncang di negara Latin itu.

“Apa yang kami inginkan bukanlah intervensi militer oleh komunitas internasional, tetapi lebih ke resolusi damai, politis dan demokratis (dari krisis) berdasarkan pada konstitusi Venezuela,” kata kepala diplomat di Unit Urusan Venezuela (VAU) AS, James Story, seperti dikutip oleh Reuters pada hari Rabu lalu.

“Bagaimana Anda bisa memiliki demokrasi ketika Anda bahkan tidak bisa memilih melalui suara?” tambahnya.

Story lebih lanjut lagi menuduh pemerintah Presiden Nicolas Maduro telah mengizinkan intervensi militer dari negara lain. “Ada militer Rusia di negara itu [Venezuela] … dan kami tahu bahwa ada banyak perwira militer Kuba,” katanya. “Kenapa? Karena mereka ingin Maduro tetap berkuasa.”

Washington diketahui mendukung tokoh oposisi Venezuela, Juan Guaido, untuk menjadi penguasa di negara kaya minyak itu. Mereka pun telah mengupayakan transisi kekuasaan dengan mendirikan kantor perwakilan bernama VAU di Kolombia agar terus berhubungan dengan Guaido.

Satu kontingen militer AS juga telah dikerahkan ke negara Guyana untuk pertama kalinya demi meningkatkan pengaruh regional di negara tetangga Venezuela, serta untuk mencegah pengaruh Cina dan Rusia. (ra/presstv)

 

DISKUSI: