Dewan Pers Akan Selidiki Video 2 Jurnalis Ikut Provokasi di Sorong

0
108

LiputanIslam.com-Dewan Pers bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan melakukan investigasi terhadap video dua oknum jurnalis televisi yang diduga ikut melakukan provokasi di Sorong Papua Barat.

“Ini butuh investigasi apakah betul cerita yang berkembang, di mana ada narasi yang terbangun bahwa oknum teman wartawan melakukan tindakan provokasi sehingga membuat situasi di Papua gaduh,” ujar Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers Agung Dharmajaya di Jakarta, Kamis (5/9).

Mereka akan terjun langsung ke Sorong untuk mencari bukti dan menanyakan ke banyak pihak untuk memastikan sudut pandang jurnalis secara menyeluruh.

Sebelumnya, video hasil suntingan dua oknum jurnalis televisi itu dinilai meresahkan masyarakat karena berisi ujaran kebencian dan propaganda.

Baca juga: Deklarasi Papua Damai Ditandatangani Kamis Malam

Dewan Pers pun mengingatkan jurnalis agar berhati-hati dalam menulis berita tentang Papua dan memastikan informasi serta sumber yang terpercaya untuk membangun rasa percaya masyarakat di wilayah paling timur Indonesia itu.

Apabila memperoleh informasi yang belum terkonfirmasi, ia menegaskan pentingnya tidak terburu-buru menyiarkan informasi itu. (Ay/Antara/Republika)

DISKUSI: