Densus 88 Temukan Berkembangnya ISIS JAD di Papua

0
118

LiputanIslam.com-Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menemukan berkembangnya paham radikalisme ISIS di Papua sejak dua tahun lalu di Tanah Papua, namun aktifnya baru satu tahun belakangan.

“Memang sudah terdeteksi kurang lebih sekitar dua tahun belakangan ini, cuma dia aktifnya kurang lebih satu tahun belakangan ini,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/9).

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menyebut sejak adanya penangkapan dua terduga teroris di Manokwari pada 2017 lalu, kelompok itu mulai melakukan rekrutmen.

Ia menambahkan bahwa ISIS yang berkembang di Papua umumnya merupakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang aktif merekrut calon-calon anggotanya di beberapa wilayah di Papua Barat dan Papua, di antaranya Manokwari, Fakfak, Merauke dan Wamena.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris di Blitar

Terkait kericuhan di Papua dan Papua Barat, ia mengatakan bahwa Densus masih menyelidiki ada tidaknya kaitan kericuhan tersebut dengan kelompok teroris ISIS yang berkembang di Papua.

“Keterlibatan ISIS dengan kerusuhan ini masih didalami,” kata Brigjen Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/9). (Ay/Antara/Tribunnews)

DISKUSI: