Demi ‘Amankan’ Ladang Minyak, AS Kirim 600 Truk ke Suriah Timur

0
148

Konvoi truk minyak melintasi wilayah Kurdi Suriah. Sumber: the Times of Israel

Damaskus,LiputanIslam.com—Para pejabat Pentagon menyebut, 500 sampai 600 pasukan AS telah bersiaga di Suriah timur laut, tepat di sekitar ladang minyak. Mereka menyebut adanya kemungkinan Amerika menambah jumlah pasukannya di area itu.

Sekretaris Pertahanan AS, Mark Esper, menjelaskan bahwa setiap pasukan Amerika di Suriah akan membawa satu truk. Ia mengklaim, hal ini dilakukan untuk memperkuat kekuatan mekanik Amerika di Suriah.

Masih belum jelas apa yang akan dilakukan para pasukan Amerika dengan ratusan truk tersebut. Sebab, tidak ada satu ancaman pun yang membahayakan pasukan AS di Suriah.

Baca: Assad Sebut Amerika Jual Minyak Curiah dari Suriah ke Turki

Kontrol terhadap ladang minyak adalah hal penting, usai berakhirnya perang di Suriah. Presiden Trump telah mempertegas bahwa dirinya akan tetap menjaga minyak ini. Beberapa waktu lalu, Presiden Suriah Bashar al-Assad menyebut Amerika telah menjual minyak curian dari Suriah ke Turki.

Kehadiran militer Amerika di Suriah adalah tindakan ilegal. Sebab, otoritas Suriah sama sekali tidak mengeluarkan izin pasukan Amerika untuk beroperasi di Suriah. Selain itu, Amerika juga tidak mendapatkan mandat PBB untuk melakukan kampanye militer di negara itu. (fd/Antiwar)

DISKUSI: