Deklarasi Papua Damai Ditandatangani Kamis Malam

0
133

Jayapura, LiputanIslam.com-Deklarasi kesepakatan dalam rangka menjaga Papua Tanah Damai ditandatangani oleh 34 komponen masyarakat di Jayapura pada Kamis (5/9) malam. Kegiatan yang diinisiasi oleh TNI dan Polri tersebut, berlangsung di Swsiss-Bel Hotel Jayapura.

Deklarasi tersebut ditandatangani oleh tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan diakhiri dengan tanda tangan Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Sembiring dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Isi dari deklarasi tersebut adalah kami warga negara kesatuan RI dengan beragam suku, bahasa, agama dan sepakat menyatakan satu (1) menjaga kesatuan dan persatuan di Tanah Papua, dua (2) hidup berdampingan rukun, damai dengan penuh kasih sayang, tiga (3) sepakat dengan tidak terpengaruh isue-isue yang tidak benar dan empat (4) sepakat menolak kelompok radikal dan separatis di Tanah Papua.

Dalam acara tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan apresiasi terhadap ide deklarasi kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Bumi Cenderawasih sebagai “Tanah Damai”.

Baca juga: Rabu Malam, Pemerintah Mulai Buka Blokir Internet di Papua dan Papua Barat

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas ide pertemuan tersebut,” kata Lukas Enembe ketika memberikan sambutan pada acara Deklarasi Kesepakatan Bersama dalam rangka menjaga Papua Tanah Damai di Jayapura.

Ia berkomitmen untuk menjaga keutuhan kebhinekaan dan NKRI serta menghindari perpecahan. (Ay/Antara/Kompas)

DISKUSI: