Dasco Sebut Gerindra Tak Calonkan Eks Koruptor di Pilkada

0
129

Sumber: Bipol

Jakarta, LiputanIslam.com — Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa partainya tidak akan mencalonkan mantan terpidana kasus tindak pidana korupsi (eks koruptor) sebagai calon kepala daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Partai Gerindra kemarin melalui Ahmad Muzani selaku Sekjen dan juga juru bicara partai telah menegaskan sikap resmi partai adalah tidak akan mencalonkan mantan napi koruptor di Pilkada,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/12).

Dia mengatakan DPP Partai Gerindra telah menginstruksikan kepada seluruh DPD dan DPC Partai Gerindra untuk membuka penjaringan calon kepala daerah.

Namun menurut dia, seleksi awal di tingkatan DPC adalah yang paling tahu calon yang diusung Gerindra dalam kontestasi Pilkada.

“Seleksi pertama awal di tingkatan DPC yang paling tahu, seleksi pertama adalah mantan napi koruptor tidak bisa mencalonkan di Pilkada,” ujarnya.

Dasco menilai bagaimana masing-masing partai politik memenuhi harapan masyarakat agar ada calon yang integritasnya benar-benar sudah teruji.

Baca juga: Nasdem Tolak Eks Koruptor Ikut Pilkada dan Pileg

Selain itu, ia pun mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo yang membuka peluang hukuman mati bagi koruptor apabila didesak masyarakat.

“Itu merupakan warning bagi kita semua, baik eksekutif maupun legislatif, untuk terus tata keuangannya tertib dan baik. Itu merupakan suatu sinyal pak presiden tidak akan pandang bulu dan akan tegas memberantas korupsi. Itu kita apresiasi,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (10/12/2019).

Namun Dasco menyebut, hukuman mati itu sebaiknya tidak dilakukan ke semua kasus korupsi. Dia meminta ada klasifikasi yang jelas terhadap kasus korupsi. (Ay/Antara/Liputan6)

DISKUSI: