Coba Menyamar Sebagai Penduduk Palestina, Polisi Israel Diserang Pemukim Yahudi

0
155

Tel Aviv, LiputanIslam. Com—Dua orang polisi Israel diserang oleh para pemukim Yahudi di permukiman ilegal Bat Ayin,  Gus Etzion,  Tepi Barat,  pada Selasa (31/12) lalu.

Dua polisi ini diserang usai menyamar menjadi teknisi Palestina yang bekerja di permukiman itu.

Menurut laporan Honenu,  sebuah LSM sayap kanan di Israel, kedua polisi itu didekati oleh para remaja yang menanyakan alasan kedatangan mereka ke permukiman Bat Ayin. Karena merasa jawaban yang diberikan tidak jelas, salah seorang pemukim memutuskan untuk menyerang perwira polisi sementara yang lain menyemprotkan merica ke arah mereka. Kini, kedua pelaku telah ditangkap dan diinterogasi oleh petugas keamanan setempat.

Baca: Demo Anti Perang Iran Bergema di Kota-kota Amerika

Menurut laporan portal berita Israel, Haaretz, pihak kepolisian belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden itu. Polisi hanya mengkonfirmasi salah seorang petugas mereka yang mengalami luka ringan.

Para pemukim Bat Ayin memang dikenal diskriminatif dan rasis. Mereka sama sekali tidak memperbolehkan adanya orang Arab yang bekerja di wilayah ini.

Bulan lalu, seorang pejabat keamanan Israel yang enggan disebutkan namanya telah menyoroti meningkatnya aksi kekerasan terhadap warga Palestina di dekat permukiman Bat Ayin.

Pusat Informasi HAM Israel, B’Tselem, melaporkan kekerasan yang dilakukan para pemukim ilegal Israel terhadap warga Palestina mendapat dukungan dari negara. Para petugas berwenang dianggap telah gagal melindungi warga Palestina yang tinggal di wilayah kependuduan Tepi Barat. (fd/Memo)

DISKUSI: