Calon Ibu Kota di Kaltim, Aman Tsunami Tapi Ada Sumber Gempa

0
145

Sumber: Kompasiana

LiputanIslam.com—Kalimantan Timur diprediksi sebagai calon tempat ibu kota yang baru pengganti Jakarta. Jokowi sudah mulai menyambangi daerah Kalimantan Timur untuk meninjau dan memastikan segala sesuatu di sana. Sudah ada 2 dari 4 lokasi yang dikunjungi presiden Jokowi. 2 tempat tersebut adalah Bukit Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Gunung Mas.

Pakar tsunami mengatakan bahwa daerah Kaltim tersebut adalah daerah yang paling aman dari bahaya tsunami namun ada 6 titik sumber gempa.

“Dari sisi bahaya gempa bumi-tsunami secara umum dan historis Pulau Kalimantan relatif paling aman. Di Balikpapan potensinya rendah sedang. Namun perlu kajian yang lebih detail dari sisi potensi kebencanaan seperti banjir, kebakaran, dan lain-lain,” ucap Widjo.

“Kami belum melakukan kajian secara mendetail, tapi di pantai kaltim ada enam sumber gempa yang menimbulkan tsunami,” ujar Widjo Kongko, pakar tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada Tempo, Kamis (9/5).

Widjo pun menunjukkan gambar peta yang menjadi sumber tsunami di kalimantan atau Selat Makassar dari buku gempa 2017. 6 sumber gempa tersebut adalah North Sula Megathrust magnitudo 8,5, Tarakan magnitudo 7,4, Palukoro-Makassar magnitudo 7,1, Makassar Straith North magnitudo 7,1, Makassar Strait Central magnitudo 7,3, dan Mamuju magnitudo 7. (Ay/Tempo/Kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS: