BPS Minta Pemerintah Waspadai Musim Kemarau

0
5

Sumber: tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan pemerintah agar mewaspadai musim kemarau yang akan berlangsung sampai Oktober 2019.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, untuk mengantisipasi musim kemarau pemerintah harus menjaga pasokan bahan pangan karena dapat memberikan dampak pada inflasi.

“Musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung sampai dengan bulan Oktober pasti akan berdampak pada produksi bahan pangan. Itu perlu diwaspadai pemerintah untuk menjaga pasokan,” kata dia, Jakarta, Senin (2/9).

Baca: BPS: Inflasi Agustus 0,12 Persen

Menurut data BPS, komoditas pangan memberikan andil terhadap inflasi pada Agustus 2019. cabai merah yang menyumbang sebesar 0,01 persen, dan cabai rawit sebesar 0,07 persen.

Dia menyebutkan, penurunan pasokan cabai merah karena kemarau panjang menyebabkan kenaikan harga di 62 kota Indeks Harga Konsumen (IHK).

“Karena musim kemarau yang diprediksi sampai bulan Oktober dan berpengaruh kepada produksi tanaman panen,” ujarnya.

Sementara itu, komoditas bawang merah mengalami penurunan harga dan memberi andil deflasi 0,08 persen di 79 kota IHK. Kemudian, bawang putih memberi andil 0,02 persen.

Selain bawang, deflasi juga disumbang oleh penurunan harga tomar sayur sebesar 0,06 persen, daging ayam ras, komoditas sayuran dan buah masing-masing 0,01 persen. (sh/katadata/merdeka)

DISKUSI:
SHARE THIS: