BPS: Jumlah Pengangguran Turun Jadi 6,82 Juta Orang

0
159

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2019 turun dari 5,03 persen menjadi 5,01 persen atau setara dengan  6,82 Juta Orang.

“Tingkat pengangguran terbuka ada Februari terus turun menjadi 5,01 persen, tahun 2018 sebesar 5,13 persen,” kata Kepala BPS uhariyanto di kantor pusat BPS, Jakarta, Senin (6/5).

Suhariyanto menyebutkan, jumlah pengangguran pada Februari 2019 berkurang 50 ribu orang dari 6,87 juta orang pada Februari 2018 menjadi 6,82 juta orang. Akan tetapi, angka pengangguran terbuka di kota yang sebesar 6,3 persen masih lebih tinggi dibanding desa yakni 3,45 persen.

“Kami setiap tahun menerbitkan dua kali angka pengangguran, yakni Februari dan Agustus. Tapi kami tak membandingkan angka saat ini dengan Agustus tahun lalu karena ada faktor musiman seperti masa panen yang tentu berpengaruh ke serapan tenaga kerja,” ujarnya.

Dia menyampaikan, penurunan angka pengangguran ini terjadi karena adanya peningkatan tingkat partisipasi lapangan kerja. Data BPS menunjukkan tingkat partisipasi kerja tumbuh 1,67 persen di Februari 2019.

Adapun sektor yang menyerap tenaga kerja terbanyak dalam setahun belakangan adalah sektor perdagangan dengan jumlah 920 ribu orang. Kemudian disusul dengan sektor akomodasi makan dan minum dengan jumlah 700 ribu orang.

Sedangkan sektor yang mengalami penurunan tenaga kerja adalah pertanian yang berkurang 590 ribu orang. Namun, penurunan di sektor ini dinilai wajar karena pekerja di sektor pertanian memang rentan bergeser ke sektor lainnya.

“Tapi kalau melihat angka-angka tersebut, pemerintah sebaiknya menggerakkan ekonomi di sektor perdagangan dan pertanian agar penyerapan tenaga kerja lebih baik ke depan,” jelasnya. (sh/detik/cnnindonesia)

 

DISKUSI: