BNPT Sebut Radikalisme Sudah Menjangkit Semua Lini

0
126

Sumber: BNPT

Jakarta, LiputanIslam.com — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan radikalisme sudah menjangkit semua lini, tidak hanya di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saja.

“Jangankan BUMN, semuanya ada. Polisi saja ada kok (terpapar radikalisme), Polwan. Saya (sudah) ngomong sama Polri,” ujar Suhardi usai menemui Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (18/11).

Ia menemui Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk membahas upaya mereduksi radikalisme pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu, dan melaporkan situasi yang berkaitan dengan terorisme.

“Ya saya melapor, kan saya dibawah koordinasi beliau. Saya melaporkan situasi dan sebagainya, itu kewajiban saya,” kata Suhardi.

BNPT sendiri sudah melakukan pemetaan terhadap semua pihak yang terjangkit paham radikal. Bahkan, dia menyebut ada jurnalis yang juga terjangkit paham radikal.

“Semua kita punya petanya, semuanya jangan bilang tidak ada. Emang tidak ada jurnalis (terpapar radikalisme)? Mau saya buka siapa yang suka besuk-besuk di tempat itu?,” ujar Suhardi.

Baca juga: Samakan Persepsi Pendidikan Pancasila, BPIP Kumpulkan Para Pengajar

Sebelumnya, Komjen Pol Suhardi Alius pun mengata, para pemuda yang aktif menggunakan internet menjadi sasaran untuk direkrut para teroris dan penyebar paham radikal.

Ia mengatakan, perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat membuat banjir informasi tidak bisa dicegah. Oleh karenanya diperlukan upaya untuk membentengi kaum muda dari paham-paham radikal. (Ay/Antara)

DISKUSI: