Sumber: rri.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) mengatakan pembangunan infrastruktur harus terus berjalan di tengah tekanan global seperti sekarang.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti menuturkan, untuk mempercepat proyek infrastruktur diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk investor.

“Langkah mengakselerasi pembangunan infrastruktur tersebut perlu didukung semua pihak, termasuk investor,” ujar Destry, Senin (2/12).

Dia mengungkapkan, agar pembangunan infrastruktur bisa dipercepat, ada beberpa hal yang bisa dilakukan. Pertama, peningkatan peran investor swasta dan inovasi pembiayaan (innovative financing).

Baca: Pembangunan Infrastruktur Bantu Menurunkan Biaya Logistik

“Sudah saatnya bagi sektor swasta untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam pembiayaan infrastruktur,” ungkapnya.

Kedua, peningkatan kualitas persiapan proyek infrastruktur. Ketiga, kolaborasi kebijakan antara pemerintah pusat, daerah, dan otoritas terkait.

Keempat, integrasi data dan informasi untuk meningkatkan monitoring dan evaluasi penyelesaian proyek infrastruktur Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Terkait pembiayaan infrastruktur, BI terus berupaya untuk memaksimalkan kapasitas intermediasi perbankan melalui beberapa kebijakan. (sh/republika/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*