Bappenas: Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Menengah Tinggi pada 2020

0
139

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Indonesia pada 2020 diperkirakan akan naik kelas dari negara berpendapatan kelas menengah menjadi negara berpendapatan kelas menengah tinggi.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro pada Rapat Kerja (Raker) DPR. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Bappenas.

Baca: Ekonom Nilai Target Pertumbuhan Ekonomi Sulit Tercapai

Bambang mengatakan, Perpres RPJMN demokratis yang menjadi dasar dari RKP 2020 temanya adalah Indonesia berpenghasilan menengah tinggi yang sejahtera adil dan berkesinambungan.

“Kata menengah-tinggi ini kami masukkan karena tahun 2020 diperkirakan Indonesia sudah naik kelas dari negara berpendapatan menengah rendah atau menengah bawah menjadi negara berpendapatan menengah ke atas,” kata Bambang, Kamis (13/6).

Sebelumnya, dia memprediksi Indonesia mampu menjadi negara maju pada 2038. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia di tahun tersebut.

Dia menuturkan, ke depannya masyarakat berpendapatan rendah akan semakin sedikit dan digantikan dengan kelas menengah yang memiliki pendapatan lebih baik.

“Jdi kita melihat ke sini sudah jelas Indonesia sudah in the right position, kita kebetulan berada di tempat yang benar,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, untuk mencapai target kelas menengah tinggi Indonesia perlu melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah menyerap perkembangan teknologi.

“Tantangan Indonesia untuk keluar dari middle income trap adala bagaimana kita mampu tingkatkan produktifitas serta absorp teknologi dan mengkonversikanya. Ini akan jadi faktor pendorong bagi tingkat investasi yang tinggi dan berkelanjutan,” paparnya.

Selain itu, Sri Mulyani mengatakan, Indoneisa perlu menjaga pertumbuhan ekonomi rata-rata mendekati 6 persen pada periode 2020-2030. Dalam hal ini, pemerintah telah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2020 di kisaran 5,3-5,6 persen dan inflasi 2,0- 4,0 persen. (sh/merdeka/liputan6)

DISKUSI: