Bappebti: Kenaikan Harga Bawang Putih Melebihi Batas Wajar

0
110

Sumber: detik.com

Bandung, LiputanIslam.com— Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan menilai kenaikan harga bawang putih dinilai sudah melebihi kewajaran.

Sekretaris Bappebti Nusa Eka mengatakan, setelah dilakukan sidak ke Pasar Baru dan Jogja swalayan di Kota Bandung, harga bawang putih tercatat mencapai Rp 55 ribu perkilogram. Harga tersebut sudah melebihi batas wajar sebab batas tertinggi kenaikan harga bawang putih adalah Rp 32 ribu per kg.

Dia menyampaikan, kenaikan harga bawang putih ini terjadi hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk itu, pemerintah memgambil kebijakan untuk segera impor bawang putih untuk memenuhi kebutuhan.

“Yang memang agak ada kenaikan signifikan itu bawang putih dan bawang merah. Bawang putih ini dari pemerintah telah menginstruksikan kepada importir dan distributor menggelontorkan yang ada di gudang,” kata dia, Selasa (30/4).

Sementara itu, Kepala Satgas Pangan Jawa Barat Syam Budi menyampaikan, pihaknya akan mencaritahu sebab tingginya sejumlah komoditas pangan. Pihaknya akan mengecek gudang-gudang logistik untuk mengantisipasi kecurangan distributor jelang Ramadhan ini.

“Kita mengambil langkah akan mengecek ke gudang-gudang distributor. Jangan sampai di gudang terutama karena memang untuk harga bawang putig memang impor. Kita akan cek distributor dan importir,” ujarnya.

Dia menuturkan, jika ditemukan kecurangan oleh para distributor dan pedagang, maka akan dikenakan sanksi atas perbuatanya. (sh/republika)

DISKUSI: