Bank Dunia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI di Angka 5 Persen

0
146

Sumber: kompas.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Dunia menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5,1 persen menjadi 5 persen pada tahun ini. Proyeksi ini menurun dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu di angka 5,17 persen.

Ekonom Bank Dunia Frederico Gil Sander menyampaikan, penurunan proyeksi tersebut didasarkan pada laju investasi di Indonesia yang mengalami pelemahan.

Menurut Frederico, kondisi ekonomi global membuat ekonomi Indonesia semakin sulit, terutama pada investasi.  Harga komoditas yang tengah turun serta perlambatan konsumsi membuat perkembangan investasi menjadi lesu.

Baca: Kemenkau Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2019 di Angka 5,05 Persen

Kemudian, melemahnya permintaan domestik menyebabkan impor turun dalam jumlah besar sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

“Adanya trade shock. Jadi harga barang yang diekspor Indonesia turun dibandingkan dengan barang yang diimpor Indonesia,” kata dia, Rabu (11/12).

Meski begitu, dia mengatakan, ekonomi Indonesia pada 2020 akan tumbuh lebih baik, yakni di angka 5,1 persen. Sebab, kondisi makroekonomi dalam negeri akan semakin kuat pada tahun depan.

“Hal tersebut akan mendukung pertumbuhan ekonomi tetap terjaga,” ujarnya

Selain itu, ekonomi Indonesia juga akan didorong oleh faktor eksternal, yakni menurunnya ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

“Ketegangan perdagangan yang berkepanjangan bisa membawa risiko bagi harga komoditas dan sentimen bisnis global,” ucapnya. (sh/detik/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: