Awal Pekan, Rupiah Jadi Raja Asia

0
158

Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Rupiah pada awal pekan ini berhasil melanjutkan penguatan sejak perdagangan Minggu lalu. Pada perdagangan Senin (9/9) rupiah sempat terapresiasi hingga ke posisi Rp 14.020 per dolar Amerika Serikat (AS).

Dengan demikian, apresiasi rupiah sudah berlangsung empat hari berturut-turut. Pada hari ini rupiah menjadi mata uang Asia terbaik.

Pada perdagangan Senin (9/9), rupiah dibuka di posisi Rp 14.080 per dolar AS atau menguat 0,07 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya. Kemudian, apresiasi rupiah terus berlanjut hingga ke posisi Rp 14.020 per dolar AS.

Baca: Akhir Pekan, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.090 per Dolar AS

Rupiah ditutup di posisi Rp 14.035 per dolar AS atau menguat sebesar 0,47 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan Minggu lalu.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail Zaini menilai, apresiasi rupiah disebabkan oleh sentimen eksternal, yaitu pidato Gubernur Federal Reserve (The Fed, bank sentral AS) Jerome Powell pada Jumat (6/9).

Gubernur The Fed tersebut mengatakan, kemungkinan besar perang dagang akan memperlambat belanja investasi dan menekan pertumbuhan ekonomi AS.

Menurut Mikail, pernyataan tersebut memberikan sentimen positif terhadap rupiah karena memberikan kepercayaan kepada pelaku pasar.

“Pernyataan yang cukup dovish tersebut memberikan kepercayaan kepada pelaku pasar bahwa siklus pemotongan suku bunga AS belum akan berakhir dalam waktu dekat,” kata dia. (sh/kontan/cnbcindonesia)

 

 

DISKUSI: