Asprisindo Prediksi Industri Sepatu Tumbuh di Bawah 5 Persen

0
130

Sumber: investor.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Asosiasi Persepatuan Indonesia (Asprisindo) memperkirakan industri sepatu akan tumbuh di bawah 5 persen.

Direktur Eksekutif Asprisindo Firman Bakrie mengatakan, prediksi peningkatan tersebut sesuai dengan survei yang dilakukan asosiasi kepada para anggota mengenai produksi pada kuartal I 2019. Selain itu, data Badan usat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor alas kaki pada kuartal I/2019 naik 8,66 persen.

Baca: Produksi Sepatu Indonesia Terbesar Keempat di Dunia

“Untuk domestik memang ada kenaikan. Pendorongnya adalah tren positif dari situasi politik yang sudah berlangsung secara aman. Kemudian kenaikan gaji pegawai terkait dengan tingkat konsumsi. Itu beberapa indikasi positif untuk konsumsi di dalam negeri,” kata Firman, Kamis (20/6).

Dia menyampaikan, model yang akan mendominasi produksi sepatu pada semester II 2019 adalah jenis sneaker karena akan memasuki tahun ajaran baru.

Sampai saat ini, Industri sepatu Indonesia telah berhasil menduduki peringkat ke-4 di dunia. Pada 2018, Indonesia memproduksi total 1,4 miliar pasang sepatu. Kapasitas produksi industri alas kaki Indonesia terus bertambah seiring dengan aliran investasi  yang terus mengalir dari dalam dan luar negeri.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan, investasi baru pada industri alas kaki baru telah masuk senilai Rp12,8 triliun pada tahun lalu atau naik tipis 5,78 persen secara tahunan.

Airlangga optimis kapasitas industri alas kaki Indonesia akan terus meningkat. Dia menyebutkan, pertumbuhan pada tahun lalu merupakan yang tertinggi selama tujuh tahun terakhir.

“Ini tanda juga bahwa iklim usaha di Indonesia masih tetap kondusif seiring dengan tekad pemerintah untuk terus memberikan kemudahan perizinan usaha dan insentif yang menarik,” ujarnya. (sh/ekonomi.bisnis/wartaekonomi)

 

 

 

 

DISKUSI: