AS Izinkan Penjualan Rahasia Teknologi Nuklir ke Saudi

0
91

Washington, LiputanIslam.com–Pemerintahan Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah mengizinkan perusahaan-perusahaan Amerika menjual teknologi dan bantuan nuklir secara rahasia kepada Arab Saudi.

Menurut dokumen yang dibuat oleh Departemen Energi yang berhasil didapatkan oleh Reuters pada Rabu (27/3), perusahaan-perusahaan ini meminta pemerintah AS agar menjaga kerahasiaan penjualan ini.

“Dalam kasus ini, masing-masing perusahaan yang menerima perizinan khusus untuk (menjual ke Arab Saudi) telah menyerahkan permintaan tertulis kepada kami agar perizinan mereka tidak dirilis secara publik,” demikian isi dokumen yang ditulis oleh Administrasi Keamanan Nuklir Nasional dari Departemen Energi.

Dalam rapat kongres pada hari Rabu lalu, pejabat Brad Sherman mendesak menlu Mike Pompeo untuk merilis nama-nama perusahaan yang menerima perizinan tersebut. Ia menuding pemerintah Trump berusaha menutup-nutupi pengiriman tenaga nuklir kepada Riyadh dari Kongres.

“Satu hal yang menjadi kepentingan kami adalah mencegah Arab Saudi mendapatkan senjata nuklir,” tegas Sherman. “Apa yang saya lihat dari pemerintah akhir-akhir ini… adalah upaya untuk menghindari Kongres … dan memberikan teknologi dan bantuan nuklir yang besar kepada Arab Saudi, sementara [Riyadh] menolak mematuhi kontrol yang kami inginkan terkait dengan proses dan pengayaan [nuklir].”

Banyak anggota Kongres AS yang khawatir atas suplai teknologi nuklir ke Arab Saudi karena ia dapat menjadi kekuatan yang merusak di bawah otorisasi bin Salman. (ra/presstv)

DISKUSI: