Apresiasi Rupiah Tembus ke Posisi Rp 13.925 per Dolar AS

0
230

Sumber: inews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan berhasil menguat hingga jauh di bawah posisi Rp 14.000 per dolar AS.

Pada pembukaan perdagangan Jumat (13/9), rupiah menduduki posisi Rp 13.930 per dolar AS atau menguat 0,39 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Kemudian, rupiah melanjutkan penguatan pada pukul 08:05 WIB ke posisi Rp 13.925. Rupiah menguat sebesar 0,43 persen. Posisi tersebut merupakan yang terkuat sejak pertengahan Juli.

Baca: Awal Pekan, Rupiah Jadi Raja Asia

Pada perdagangan akhir pekan, hampir seluruh mata uang utama Asia menguat terhadap dolar AS, kecuali yen Jepang jatuh hingga 1,09 persen dan peso Filipina melemah sebesar 0,25 persen.

Sepanjang pekan ini, rupiah terapresiasi sebesar 0,92 persen ke posisi Rp 13.960 per dolar AS. Dibandingkan dengan mata uang Asia lainnya, rupiah menjadi yang terbaik setelah won Korea Selatan yang menguat 1,1 persen.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, penguatan kurs rupiah terhadap dolar ini merupakan tanda positif dari kondisi global. Dia mengatakan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang pergerakan rupiah. Sebab, rupiah sedang mencari titik keseimbangan baru.

“Kamu tanya analis berapa ekuilibrium, sudah di bawah atau belum, kalau belum, tengan saja,” ujarnya. (sh/antaranews/cnbcindonesia)

DISKUSI: