Appsi: Harga Bawang Putih Masih Tinggi

0
112

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (Appsi) mengatakan harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional masih tinggi meskipun sejumlah langkah telah dilakukan pemerintah.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional pada 6 Mei 2019, harga bawang putih sedang secara nasional berada di kisaran Rp 55.200-Rp 82.500 per kg.

Data tersebut belum termasuk laporan harga di DKI Jakarta. Per Jumat kemarin, harga rata-rata bawang putih di pasar tradisional di Ibukota telah mencapai Rp 73.850 per kg.

Wakil Ketua Umum Appsi Ngadiran menilai, tingginya harga bawang putih saat ini terjadi karena pemerintah terlambat mengeluarkan kebijakan impor.

“Karena kebijakan impornya telat, banyak importir yang bermain harga. Alasannya ya karena suplai minim,” kata Ngadiran, Senin (6/5).

Dia menambahkan, seharusnya pemerintah bisa dengan mudah melakukan pengaturan suplai bisnis bawang putih sebab hanya mengandalkan 90 persen lebih pasokan impor.

Dalam hal ini, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Manshuri menyampaikan, meski operasi pasar (OP) bawang putih sudah berlangsung di Jakarta, namun masih belum ada dampak signifikan terhadap penurunan harga bawang putih.

Dia menyebutkan, harga bawang putih di sejumlah pasar di daerah masih tinggi dan mencapai kisaran Rp 100 ribu per kg.

“Harga masih tinggi, belum berdampak jauh OP itu,” ujarnya. (sh/cnbcindonesia/republika)

 

 

 

DISKUSI: