Antisipasi Harga, Pemerintah Minta Industri Serap Bawang Petani

0
110

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana untuk meminta industri menyerap bawang merah milik petani. Hal ini dilakukan untuk mengatasi penurunan harga bawang merah di pasaran.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan perwakilan dari industri seperti Wings dan Indofood.

Baca: Indef: Target Swasembada Bawang Putih Sulit Tercapai

“Sekarang bawang kita sedang koordinasi dengan Dirjen Industri Argo besok akan kita panggil Wings Indofood akan nyerap kalau bawang merah,” kata Suhanto di Jakarta, Selasa (3/9).

Dia menerangkan, pihaknya masih mencari tahu bawang merah produksi daerah mana yang siap diserap industri. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil pertemuan dengan industri untuk mengetahui berapa jumlah bawang merah yang siap diserap industri.

“Saya belum tahu berapa jumlahnya, makanya kami akan ketemu dulu dengan industrinya, baru besok kita akan ketemu,” ujarnya.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Abdul Rochim menambahkan, pemerintah juga masih harus mencari skema mengenai rencana penerapan bawang merah ini.

Selain itu, kata dia, penyerapan bawang merah membutuhkan gudang tersendiri agar dapat digunakan dalam durasi lama. Dalam hal ini, pihaknya akan berbicara kepada industri tentang kesiapanan tempat penyimpanan. (sh/merdeka/republika)

 

DISKUSI: