Anggota DPR Harap 10 Nama Capim KPK yang Lolos Unggul 3 Hal

0
158

Jakarta, LiputanIslam.com-Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani berharap 10 nama calon pimpinan (capim) KPK terakhir yang telah lolos uji publik dan tes kesehatan memiliki keunggulan dalam 3  hal yaitu integritas, kompetensi, dan kepemimpinan. Pansel Capim KPK pun telah mengirim 10 nama tersebut ke Presiden Jokowi pada Senin (2/9) ini.

“Pada sisi integritas, utamanya 10 capim ini tidak memiliki rekam jejak yang bermasalah seperti pernah dapat sanksi institusinya terkait pelanggaran etik atau sering dilaporkan masyarakat tentang perilakunya yang terkait dengan materi dan perilaku tidak bermoral,” kata Arsul di Jakarta, Senin.

Dari sisi kompetensi, para capim KPK harus memiliki pengetahuan hukum positif di bidang pidana materil dan pidana formil (acara) terkait dengan pemberantasan korupsi dan pencucian uang hasil korupsi.

Baca juga: Pansel Capim KPK Sudah Kirim 10 Nama ke Presiden

Dan dari sisi kepemimpinan, mereka bisa memimpin KPK dan seluruh sumber daya manusia di institusi tersebut.

Sementara, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery meminta Presiden Joko Widodo segera mengirimkan 10 nama calon pimpinan KPK ke DPR karena waktu pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan sangat mepet.

“Kami berharap Presiden segera menyerahkan 10 nama itu ke Komisi III DPR karena waktu untuk melakukan uji kelayakan sudah sangat mepet,” kata Herman Hery di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (2/9).

Herman merasa optimistis bahwa proses uji kelayakan yang akan dilakukan pada masa DPR periode 2014-2019 akan mendengarkan masukan dari masyarakat. (Ay/Antara)

DISKUSI: