Akhir Tahun, Sulut Ekspor Santan Beku ke China

0
141

Sumber: merdeka.com

Manado, LiputanIslam.com— Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Darwin Muksin mengatakan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berhasil mengekspor santan beku ke China sebanyak 24 ton.

Edwin menyampaikan, ekspor produk turunan kelapa ini mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 22.899 dolar Amerika Serikat (AS).

“Ekspor santan bekunya sudah menghasilkan devisa sebesar 22.899 dolar AS,” kata dia, Sabtu (28/12).

Baca: Ekspor Pertanian Sulsel Tembus Rp 800 M

Dia menuturkan, produk santan beku mulai diminati masyarakat China karena konsumsi masyarakat China hampir mirip dengan Sulut. Selain itu, minat masyarakat China terhadap sejumlah produk turunan kelapa sangat tinggi.

Untuk itu, dia menyatakan, petani lokal harus mengoptimalkan minat wisman China sehinnga minat pembeli dari negara tersebut semakin tinggi.

“Apalagi wisma China yang data ke Sulut cukup banyak, jadi harus lebih gesit lagi,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan agar pengekspor Sulut mempertahankan akses yang sudah dijalin selama ini. Sebab, pemerintah berharap pasar bisa bertambah ke negara lainnya di Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika.

“Mereka sangat selektif sebelum membeli. Jadi, jika mereka sudah konsisten membeli menandakan produknya juga sudah berkualitas.  (sh/republika/indonesiainside)

 

DISKUSI: