Akhir Pekan, Rupiah Terdepresiasi ke Level Rp 14.280 per Dolar AS

0
197

Sumber: finroll.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Jumat (3/5) terdepresiasi hingga ke level Rp 14.280 per dolar AS dibandingkan sebelumnya di level Rp 14.252 per dolar AS.

Berdasarkan interbank spot dollar rate (Jisdor) rupiah melemah 0,26% ke level Rp 14.282 per dolar AS. Angka tersebut merupakan level terlemah rupiah sejak 12 Maret 2019. Di kawasan Asia, rupiah mencatat persentase pelemahan terbesar kedua setelah won yang melemah 0,30%.

Pelemahan tersebut juga dialami mayoritas mata uang negara-negara Asia lainnya. Hal ini terjadi karena dolar AS memang sedang menguat. Data ekonomi yang dirilis di Negeri Paman Sam membuat dolar AS berkilau di mata pelaku pasar.

Angka pertumbuhan ekonomi AS yang kuat kemudian mendorong The Federal Reserve selaku bank sentral AS untuk mengeluarkan pernyataan yang jauh dari nada dovish.

Setelah pengumuman bahwa tingkat suku bunga acuan dipertahankan di level 2,25%-2,5%, Gubernur The Fed Jerome Powell mengeluarkan pernyataan yang mengindikasikan bahwa suku bunga acuan akan terus dipertahankan hingga akhir tahun. (sh/kontan/cnbcindonesia)

 

 

DISKUSI: