Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengingatkan agar Indonesia mewaspadai potensi terjadinya resesi.

Iskandar mengatakan, sejumlah negara besar telah jatuh ke lubang resesi karena adanya pelemahan ekonomi global. Tidak menutup kemungkinan hal ini akan terjadi pada Indonesia.

Baca: Sri Mulyani: Pemerintah Waspadai Perkembangan Ekonomi Global

“Jadi kalau ada orang yang bilang Indonesia jauh dari ancaman resesi, jauh apanya? Coba cek. Suka enggak suka kita harus waspada (resesi),” kata dia, Jakarta, Senin (23/9).

Dia menyebutkan, Turki, Argentina, serta Jerman saat ini telah memasuki resiko resesi. Banyak negara yang sudah mengantisipasi hal ini dengan mempersiapkan beberapa kebijakan.

“Jadi kita nggak boleh main-main. Makanya semua negara sudah antisipasi ini dengan pelonggaran kebijakan lewat bank sentralnya,” ucapnya.

Dia menuturkan, Indonesia harus bisa merespon kondisi ekonomi global dengan membuat kebijakan yang tepat. Hal ini untuk mencegah pelambatan pertumbuhan ekonomi.

“Singapura saja growth mereka ini sudah negatif di kuartal I. Jadi kita harus merespon dengan kebijakan yang tepat,” tuturnya.

Dalam hal ini, Bank Indonesia (BI) sudah mengambil langkah relaksasi moneter dengan penurunan suku bunga acuan selama beberapa kali. Hal ini dinilai sebagai langkah yang tepat.

Menurutnya, jika BI tidak memanfaatkan momentum ini, bisa saja Indonesia terseret, karena permintaan domestik dan juga luar melemah. (sh/kontan/liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*