62 Desa di Sumsel Belum Dapat Aliran Listrik

0
154

Sumber: merdeka.com

Palembang, LiputanIslam.com— PLN melaporkan 62 desa di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) masih belum mendapatkan aliran listrik.

General Manager PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu Daryono mengatakan, 62 desa tersebut tersebar di 7 kabupaten.

“Untuk sekarang ini masih ada 62 desa dari 8.802 keluarga belum teraliri listrik. Jumlah ini tersebar di tujuh kabupaten,” kata Daryono, Kamis (20/6).

Baca: Terjerat hutang, PLN Krisis Dana Infrastruktur

Daryono menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan 62 desa di Sumsel belum dialiri listrik. Salah satunya adalah jarak tempuh dan akses yang sulit dicapai. Sebagian desa itu merupakan kawasan perairan.

Dia menyampaikan, pihaknya berencana untuk menggunakan tenaga surya untuk 29 desa yang berada di kawasan perairan karena sulit untuk menggunakan listrik kabel.

“Sudah diusulkan ke pusat tinggal nunggu persetujuan dan anggarannya. Kami targetkan 2 persen itu sudah teraliri listrik pada 2020,” ucapnya.

Dalam hal ini, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menargetkan 62 desa tersebut akan teraliri listrik pada 2020.

“Kami penghasil energi terbesar. Bagaimana belum bisa 100 persen? Saya sudah ajak ngomong manager PLN, tahun 2020 harus 100 persen benar. Kalau tidak bisa pakai jaringan kita (PLN), pakai tenaga surya. Kalau masih tidak bisa juga, pakai PLTD,” ujar Herman. (sh/detik/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: