37 Imigran Bangladesh Tenggelam di Perairan Tunisia

0
86

LiputanIslam.com—Pemerintah Bangladesh telah mengkonfirmasi 37 warganya yang tenggelam di perairan Tunisia usai perahu yang ditumpangi terbalik. Awak media setempat melaporkan bahwa perahu tersebut hendak menuju Eropa, dari Libya, sebelum akhirnya tenggelam di perairan Tunisia.

Atas bantuan tim Bulan Sabit Merah, beberapa penumpang kapal berhasil diselamatkan. Dari total 16 korban yang berhasil selamat, 14 di antaranya adalah warga Bangladesh.

Utusan UNHCR untuk wilayah Mediterania, Vincent Cochetel, menilai insiden ini sebagai peristiwa tragis dan mengerikan yang mengingatkan betapa tingginya resiko yang harus dihadapi oleh siapa pun yang berupaya melintasi Laut Mediterania.

Sementara itu, Organisasi Imigran Internasional menyebut kejadian ini sebagai insiden yang paling mematikan yang terjadi sejak Januari 2019.

Berdasarkan atas pantauan PBB, total 164 orang yang telah tenggelam dalam kurun waktu empat bulan terakhir saat mencoba melintasi laut Mediterania dari Libya menuju Eropa. (fd/memo)

DISKUSI: