3 Kota Alternatif untuk Pemindahan Ibu Kota di Kalimantan, Jadikah?

0
129

LiputanIslam.com – Tahun 2018 lalu, pejabat Sekda Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri mengatakan bahwa pemerintah pusat telah mempersiapkan tiga alternatif yang menjadi lokasi baru ibu kota Indonesia.

Tiga kota tersebut adalah Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah, Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan,  dan Panajam di Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk mengkaji pemilihan tiga lokasi yang jadi alternatif ini, pemerintah pusat melibatkan Bank Dunia karena dinilai menjadi lembaga independen.

Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil, daerah yang menjadi ibu kota harus memenuhi syarat seperti tidak merupakan daerah banjir dan tidak rawa-rawa.

Kemudian dalam rapat presiden pada Senin (29/4) kemarin, Jokowi belum memutuskan daerah mana yang akan dipilih menjadi ibu kota baru. Ia hanya memutuskan bahwa ibu kota akan dipindah ke luar pulau Jawa agar tidak Jawa sentris. Sehingga pertumbuhan ekonomi pun bisa merata di setiap wilayah.

“Dalam rapat tadi diputuskan, Presiden memilih alternatif ketiga yaitu memindahkan ibu kota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini,” kata Bambang Brodjonegoro, Kepala Badan Perencanaan Pambangunan Nasional (Bappenas). (Ayu/Kompas)

DISKUSI: