2020, Pemerintah Naikkan Target Ekspor Hasil Laut hingga Rp 84,55 Triliun

0
139

Sumber: indonesia.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menaikkan target ekspor hasil laut sampai Rp 84,5 triliun pada tahun depan. Peningkatan target ekspor ini akan diusahakan dengan memperluas ekspor hasil laut Indonesia ke beberapa negara baru.

Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Macmud  berharap target ekspor tersebut bisa tercapai.

“Target ekspor kita tahun ini kan 5,5 miliar dolar AS, Cuma mungki tercapainya sekitar 4,8 sampai 5 miliar dolar AS. Tahun depan targetnya 6 miliar dolar AS. Mudah-mudahan tercapai,” kata Machmud, Minggu (24/11).

Baca: Indonesia Ekspor 20 Ribu Ton Komoditas Perikanan

Macmud menyampaikan, pihaknya akan mencoba membuka pangsa pasar baru ke sejumlah negara, seperti China, Timur Tengah dan Afrika. Menurutnya, Indonesia memiliki peluang untuk memasarkan hasil lautnya ke negara-negara tersebut.

“Kami akan buka pasar-pasar baru, seperti China, Timur Tengah dan Afrika. Itu yang pertumbuhan penduduknya tinggi, ada yang sekitar 2 persen. ada peluang pasar kita di sana,” ujarya.

Dia menjelaskan, selama ini ekspor hasil laut Indonesia menyasar ke pasar tradisional, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, dan China. Pertumbuhan ekspor hasil laut Indonesia di negara-negara tersebut stagnan.

Dia melanjutkan, rata-rata pembeli di Uni Eropa dan Jepang berusia tua. Di AS, rata-rata pembelinya berusia sekitar 47-48 tahun. Hal ini membuat pertumbuhan espor hasil laut menjadi stagnan, bahkan ada yang negatif.

“Kalau pasar di Eropa dan Jepang, dan AS itu pasar tradisional, mayoritas pertumbuhannya itu stagnan, ada yang negatif,” ucapnya. (sh/cnnindonesia/katadata)

 

 

 

DISKUSI: