2020, Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh Stagnan

0
9

Sumber: sindonews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan ekonomi Indonesia pada 2020 tumbuh di kisaran 4,85 persen hingga 5,1 persen. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan kondisi pada tahun ini.

Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, saat ini kondisi global tak menentu sehingga berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi global mengalami penurunan. Semua proyeksi menunjukkan adanya penurunan,” kata Shinta, Jakarta, Selasa (10/12).

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Sebesar 5 Persen, SBY: Itu Tidak Buruk

Apindo menyebutkan, kondisi global yang tengah melesu dipicu oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Karena perang dagang ini, aliran modal asing yang masuk ke instrumen investasi di Indonesia menjadi terhambat.

Dari sisi internal, laju investasi di Indonesia cenderung stagnan. Investasi akan banyak dipengaruhi oleh perizinan usaha, ketenagakerjaan, logistik, perpajakan, akses lahan, permodalan, energy, serta lemahnya daya beli masyarakat.

Menurutnya, untuk meningkatkan investasi, percepatan realisasi perjanjian perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) ke negara non tradisional perlu didorong. Dengan perjanjian perdagangan bebas, akses pasar Indonesia menjadi terbuka. (sh/cnbcindonesia/katadata)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS: