Wonosobo, LiputanIslam.com—Buat akhir minggu ini, ada situs wisata yang dijamin seru di Dieng, yaitu Gunung Prau. Jalur mendaki gunung ini tidak terlalu berat dan pemandangan dari puncaknya juga sangat cantik!

Lokasi Gunung Prau berada di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Prau merupakan tempat favorit wisatawan dalam negeri sampai pelancong luar negeri. Gunung Prau disukai karena waktu tempuh pendakian yang tidak terlalu lama dan sunrise yang memanjakan mata.

Selain punya pemandangan bagus, gunung Prau memiliki suhu yang sejuk, bahkan pada musim kemarau, kawasan gunung Prau mencapai titik terendah, di situasi inilah suhu yang rendah sering dikaitkan dengan fenomena Aphelion, atau titik terjauh Bumi – Matahari.

Pada situasi tersebut, jarak Bumi – Matahari adalah 152,1 juta Km, sehingga menyebabkan suhu bumi yang turun dalam kurun waktu tertentu. Jika sedang terjadi Aphelion, kamu bisa menemukan kristal es yang menempelkan pada permukaan tanah, daun, dan di beberapa lokasi saat pagi hari.

Sebenarnya tanpa dikaitkan dengan fenomena ini, Dieng sudah memiliki suhu yang cukup rendah dan lembab karna lokasinya berada di dataran tinggi. Jadi kalau kamu sedang bosan dengan suasana kota, Dieng akan menjadi obatnya, selain pemandangannya yang asri, lokasi ini masih jauh dari polusi, untuk urusan biaya tidak perlu khawatir karna Dieng adalah solusi untuk kamu yang cari tempat rekreasi.

Biaya transportasi

Destinasi ini aman untuk kantong, kamu hanya perlu menyiapkan ongkos pulang-pergi dari terminal Wonosobo, menuju pos pendakian yang kurang dari Rp 30 ribu dan membayar SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi).

Biaya makan

Kamu bisa makan ayam goreng dengan sayur gulai, sambal, kerupuk dan teh manis hanya dengan  Rp 10 ribu (2015) kalau sekarang mungkin naik seribu sampai dua ribu. Biaya cas handphone, kamera, senter dll. Gratis, mungkin sudah termasuk dalam biaya makan tersebut. (ra/detik)

*sumber foto: (1)@exploregunung_ (2)beritagar.id

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*