Pantai Iboih

Aceh, LiputanIslam.com—Sabang merupakan wilayah di ujung barat Indonesia yang menyimpan keindahan luar biasa. Nama Sabang sudah lama tersiar sampai negeri seberang. Tak sedikit wisatawan asing yang sengaja singgah ke Sabang demi bisa menikmati keindahan bawah lautnya.

Beberapa destinasi wisata favorit di Sabang misalnya Pantai Iboih, Pulau Weh, Pulau Rondo, Pantai Paradiso Sabang, dan masih banyak lagi lainnya. Selain wisata bahari, Sabang juga punya pilihan destinasi wisata lain seperti taman wisata kuliner, benteng Jepang atau berbagai festival Sabang yang begitu meriah.

Berikut ini Anda bisa membaca tiga tempat wisata rekomendasi di Sabang yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sabang. Pantai dengan air laut yang jernih berwarna biru ini selalu jadi tempat favorit bagi wisatawan asing. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Iboih adalah berenang, snorkeling dan diving. Wisatawan tak perlu bingung untuk peralatan, karena di Pantai Iboih ini sudah ada banyak penyedia jasa persewaan snorkeling dan diving.

Wisatawan juga bisa menikmati indahnya pesona pantai di atas perahu mesin. Ada juga beberapa penginapan dengan variasi harga yang cukup lengkap. Jenis penginapannya pun cukup lengkap, mulai dari barak, homestay hingga cottage. Yang perlu diperhatikan oleh wisatawan adalah adanya aturan untuk para wanita. Pantai Iboih ini masuk dalam kawasan Aceh yang memiliki penduduk mayoritas muslim dan memiliki hukum yang cukup berbeda dengan wilayan lainnya.

2. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam berarti pantai yang memiliki pasir hitam. Sesuai dari asal katanya, anoi berarti pasir dan itam berarti hitam. Pasir hitam inilah yang membuat Pantai Anoi Itam ini cukup unik di Sabang ketimbang pantai lainnya. Konon pasir hitam di pantai ini berasal dari gunung berapi di Pulau Weh yang masih aktif. Meski berwarna hitam dan dikabarkan berasal dari gunung berapi namun pantai ini tetap aman. Bahkan wisatawan bisa mandi, berenang atau tiduran santai di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak yang datang. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pantai Sumur Tiga dari atas bukit kecil yang hijau.

3. Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung merupakan salah satu pantai yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Pantai ini memiliki panorama alam berupa pantai yang dihiasi dengan bebatuan karang. Spot ini sangat cocok untuk berfoto, sedangkan untuk diving atau snorkeling kurang begitu pas karena adanya bebatuan karang di sepanjang pantai.

Aktivitas lain yang biasanya dilakukan oleh wisatawan di Pantai Ujung Kareung ini adalah memancing. Tapi mungkin wisatawan perlu membawa sendiri peralatan memancing, karena belum tersedia tempat penyewaan di destinasi wisata yang satu ini. (ra/phinemo)

*sumber foto: (1)pedomanwisata.com (2)indonesiakaya.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*