rusia maria zakharovaMoskow, LiputanIslam.com – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menyatakan bahwa koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) selama ini hanya memburu kepentingan politiknya sendiri dan berpura-pura anti kelompok teroris ISIS.

“Penilian kami mengenai kinerja koalisi anti teroris pimpinan AS tidak berubah. Faktanya, koalisi ini hanya berpura-pura berperang melawan ISIS,” katanya kepada wartawan, Kamis (10/12), sebagaimana dilansir IRNA.

Dia menambahkan bahwa hal tersebut terindikasi dalam isu perdagangan gelap minyak ISIS.

“Dalam satu tahun terakhir ini satu kalipun kita tidak pernah mendengar kabar dari para pilot AS mengenai adanya truk-truk tanker yang menyelundupkan minyak ISIS, padahal pendapatan utama kelompok teroris ini didapat melalui jalur itu,” katanya.

Menurutnya, para pilot AS kemungkinan besar mengetahui adanya truk-truk tanker itu, tapi tidak memberitahukan dan pasti juga tidak melakukan tindakan apapun terhadap truk-truk itu demi menyudahi penyelundupan minyak ISIS.

“Sekarang kami melihat bahwa negara-negara anggota koalisi pimpinan AS dalam beberapa hal bertindak sesuai kerangka koalisi ini, tapi dalam beberapa hal lain mereka bekerja sendiri-sendiri di luar koalisi,” tuturnya.

Sementara itu, di hari yang sama Menteri Luar Negeri Rusia sendiri Sergey Lavrov meminta negara-negara Barat tidak mengulangi kesalahan besarnya di Libya terkait isu Suriah.

“Dalam pertemuan dengan para petinggi Barat, termasuk AS, kami sudah berulang kali mengingatkan kesalahan-kesalahan mereka di Libya. Ketika mereka berusaha berargumentasi mengenai kebijakannya dalam masalah Suriah, saya mengingatkan pengalaman Libya kepada mereka dan mengusulkan kepada mereka supaya tidak sedemikian haus perubahan pemerintahan,” terangnya.

Setelah pemerintahan Gaddhafi terguling, lanjut Lavrov, Barat mengklaim terjadi kemenangan demokrasi di Libya, tapi kenyataannya tidak demikian.

Dia menegaskan bahwa resep Barat seperti yang dipakai di Libya tidak bisa diterapkan di tempat lain, termasuk Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL