jet tempur IrakBaghdad, LiputanIslam.com – Pada hari Selasa, (05/12/20156) pesawat tempur Irak menyerang pangkalan teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Barwanah, sekitar 200 km dari Baghdad. Serangan ini berhasil menewaskan Samer Mohammad Matloub Hussein al- Mahlawi, yang merupakan Menteri Perang ISIS.

Narasumber dari provinsi Anbar, yang berbicara dalam keadaan anonim menyebut bahwa tentara Irak dengan dukungan pejuang-pejuang lokal, melakukan operasi militer di dua tempat terpisah, yaitu Barwanah dan Hadithah. Serangan ini berhasil menewaskan 250 anggota teroris ISIS.

Seperti yang dilaporkan media Lebanon Al-Ahdnews, yang dikutip Presstv (06/1/2016) lebih dari 100 kendaraan milik teroris juga berhasil dihancurkan selama operasi, termasuk mobil yang bermuatan bahan peledak.

Sementara itu, di distrik Badush, Mosul, ada 19 anggota terirs ISIS tewas ketika tengah mencoba meletakkan bom ke dalam mobil. Si perakit bom yang bernama Habibullah Afghani, juga tewas.

Di Ramadi, masih ada anggota ISIS yang terperangkap. Kota ini telah dibebaskan minggu lalu. Sekitar 2.000 anggota ISIS dievakuasi oleh helikopter AS, namun sekitar 700 orang masih bersembunyi di dalam kota. Penyisiran pun dilakukan. Pasukan populer rakyat Irak berhasil menemukan kantong persembunyian ISIS di kawasan rumah sakit Ramadi dan melakukan serangan. Puluhan teroris ISIS tewas.

Saat ini, segenap pasukan paramiliter bahu membahu dengan tentara nasional Irak untuk menumpas ISIS. Direbutnya Ramadi merupakan jalan pembuka, yang akan memudahkan operasi penumpasan ISIS di area lainnya. Dengan lepasnya Ramadi, ISIS telah kehilangan 50% wilayah sebelumnya berhasil dikontrol di Irak. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL