Beirut,LiputanIslam.com-Pemerintah AS dikabarkan akan memberikan sebuah paket militer senilai 100 juta dolar kepada tentara Lebanon. Paket ini bertujuan untuk meng-upgrade helikopter-helikopter serang Lebanon.

Dilansir dari situs al-Monitor, rencana ini adalah bagian dari upaya Washington untuk mengurangi pengaruh Hizbullah di urusan dalam negeri Lebanon.

Jurnalis al-Monitor mengaku, ia mendapat akses ke sebuah dokumen dari departemen pertahanan AS, yang menunjukkan bahwa paket bantuan militer tersebut mencakup pelatihan pilot, penggunaan senapan penembak jitu, perangkat night vision, mortir untuk unit infanteri, serta layanan perawatan dan perbaikan helikopter dan rudal-rudal terpandu yang tahun lalu diserahkan kepada tentara Lebanon.

Menurut al-Monitor, sebelum ini departemen pertahanan AS telah mengumumkan, Washington akan meningkatkan skill tentara Lebanon guna menghadapi pengaruh Hizbullah di pentas politik dan militer negara tersebut.

“Penguatan tentara Lebanon adalah bagian dari proyek mewujudkan tujuan-tujuan AS di Timur Tengah, termasuk menghadapi pengaruh Iran dan Hizbullah di Lebanon,”kata juru bicara Pentagon, Rebecca Rebarich. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*