London,LiputanIslam.com-Sebuah harian Inggris memberitakan, Uni Eropa secara diam-diam telah melayangkan peringatan kepada Iran terkait kesepakatan nuklir (JCPOA).

Dilansir oleh The Guardian, Uni Eropa menyatakan, jika Teheran masih melaksanakan ancamannya untuk mengurangi komitmen terkait JCPOA, Uni Eropa akan terpaksa memulai proses keluar dari kesepakatan itu.

Menurut induk organisasi negara-negara Eropa ini, jika langkah berikut Iran dalam pengurangan komitmen JCPOA “amat signifikan,” maka Negeri Mullah akan dianggap melanggar janji-janjinya.

Sebelum ini, AFP pada hari Kamis (26/9) mengutip klaim dari Badan Energi Atom Dunia (IAEA), yang menyebutkan bahwa penggunaan sentrifugal modern di fasilitas nuklir Iran adalah “bentuk pelanggaran Teheran terhadap komitmennya di JCPOA.”

Usai rapat luar biasa menlu Iran dan negara-negara 4+1 di New York Rabu (25/9) lalu, Federica Mogherini (staf urusan luar negeri Uni Eropa) mengaku, kedua pihak punya keinginan untuk menjaga JCPOA. Meski, kata Mogherini, harus diakui bahwa hal itu (menjaga JCPOA) akan sangat berat. (af/alalam/tasnim)

Baca Juga:

Ayatullah Khamenei: Iran Sekarang Bahkan Lebih Tangguh daripada 10 Tahun Silam

Presiden Iran Minta Barat Berhenti Pasok Senjata ke Saudi dan UEA

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*