Doha, LiputanIslam.com –  Pemerintah Qatar menyatakan warganya tak dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah al-Mukarromah pada musim haji tahun ini menyusul krisis hubungan diplomatik Qatar dengan Arab Saudi.

“Tak ada kesempatan bagi warga negara dan pemukim sementara Qatar untuk mengadakan perjalanan haji. Pendaftaran oleh pemerintah Qatar masih terhenti, dan pemberian visa kepada penduduk Qatar belum dapat dilakukan akibat tidak adanya utusan diplomatik,” ungkap seorang pejabat Qatar, Ahad (19/8/2018).

Sudah sekira satu tahun Qatar dan Saudi terlibat perselisihan tajam yang bahkan membuat Saudi memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangannya dengan Qatar serta menghentikan semua penerbangan dari dan ke Doha, ibu kota Qatar.

Pekan lalu pemerintah Saudi membantah pihaknya melarang warga negara Qatar menunaikan ibadah haji. Di pihak lain pejabat anonim Qatar tersebut menegaskan bahwa penutupan perbatasan Saudi-Qatar, tidak adanya utusan diplomatik dan penutupan jalur perjalanan antara kedua negara praktis telah membuat warga Qatar tak dapat menyelenggarakan ibadah haji yang dimulai pada hari Ahad (19/8/2018).

Perselisihan Riyadh-Qatar terkait ibadah haji tercatat sebagai bagian terakhir dalam rangkaian konflik diplomatik antara keduanya sejak 14 bulan lalu.

Pada tanggal 5 Juni 2017 Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir mengumumkan pemutusan hubungannya dengan Qatar setelah mereka menuding Qatar menyokong terorisme. Qatar tentu saja menepis tudingan empat negara tersebut.

Tindakan-tindakan Saudi terhadap Qatar membuat warga Qatar tak dapat bepergian ke Saudi, namun pemerintah Riyadh dalam berbagai pernyataan resminya menegaskan adanya pengecualian terkait penunaian ibadah haji.

Sesuai kuota yang ditetap Saudi untuk Qatar sekira 1200 warga negara Qatar dapat menunaikan ibadah haji bersama sekira 2 juta warga Muslim lain yang berdatangan dari pelbagai penjuru dunia. Hanya saja, banyak warga Qatar mengeluh dan mengaku tidak mungkin dapat mendaftarkan diri untuk ibadah haji di laman Kemnterian Haji dan Umrah Saudi. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*