Beirut, LiputanIslam.com – Seorang tentara Lebanon Lettu Mohammad Qoryani mendadak menjadi orang yang belakangan ini paling ramai dibicarakan para netizen Lebanon setelah beredar viral sebuah video yang merekam aksinya mengusir tentara Israel dari garis perbatasan di Libanon selatan.

Dalam video yang direkam pada Senin lalu (17/12/2018) itu Qoryani terlihat mengangkat senjata laras panjang dan menyuruh sejumlah tentara Israel agar mundur ke belakang pohon, dengan berseru “behind the tree” (di belakang pohon!)”

Qoryani mengembalikan kawat berduri ke posisinya semula dan mengarahkan senjatanya ke tentara Israel serta meminta prajuritnya agar menyiapkan senjata mereka pada posisi menembak, sehingga terjadi ketegangan yang kemudian membuat tentara Israel terpaksa mundur.

Awalnya, pada Senin sore tentara Lebanon bersiaga di daerah Meiss Ej Jabal setelah tentara Israel memasang kawat berduri.  Seorang tentara Israel mencoba memajukan kawat berduri sejarak satu setengah meter di depan Garis Biru, tapi kemudian Qoryani  mencegat dengan berdiri tepat di depannya.

Hj. Fatimah Izzudin

Para aktivis menyiarkan video insiden ini dengan tagar yang menyebutkan nama Sang Lettu , yang kemudian menjadi trending topic di Lebanon.

Banyak netizen menilai peristiwa ini sebagai bukti bahwa tentara Lebanon bertekad membela perbatasan, sementara para pendukung kelompok pejuang Hizbullah menyebut peristiwa ini pertanda bahwa tentara, rakyat, dan para pejuang muqawamah sudah setali tiga uang dalam menghadapi pasukan Zionis Israel.

Menurut surat kabar al-Akhbar, Lettu Mohammad Qoryani berasal dari keluarga Kubu Resistensi, yaitu kalangan yang konsisten semisal Hizbullah pada perjuangan melawan Israel dengan mengangkat senjata. Ibunya adalah Hj. Fatimah Izzudin, wanita pejuang Lebanon yang pernah menghancurkan tank Merkava milik pasukan Israel di daerah Burj Rihal, Lebanon selatan, pada tahun 1984. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*