Manama, LiputanIslam.com –  Channel Alarabiya milik Arab Saudi, Ahad (30/9/2018) menayangkan video berdurasi 30 detik yang merekam jabat tangan, saling peluk, dan tegur sapa antara Menlu Bahrain Khalid bin Ahmad al-Khalifa dan Menlu Suriah Walid Muallem.

Video langka itu tidak menyebutkan apa saja yang diucapkan oleh kedua pejabat itu dalam tegur sapa di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, pada Sabtu lalu tersebut.

Channel al-Hadath yang merupakan salah satu layanan channel Alarabiya mengutip komentar sumber-sumber anonim Arab bahwa tegur sapa itu terjadi setelah ada upaya Arab untuk memulihkan peranannya dalam masalah Suriah.

Mereka mengatakan bahwa pertemuan itu merupakan yang pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Sedangkan Menlu Bahrain al-Khalifa sendiri mengatakan bahwa pertemuan itu terjadi tanpa ada rencana sebelumnya di sela-sela sidang Majelis Umum PBB. Dia juga menegaskan bahwa pertemuannya dengan Muallem itu berkonteks upaya Arab mengatasi krisis Suriah.

Menlu Bahrain menambahkan bahwa semua wilayah Suriah harus kembali kepada kekuasaan pemerintahnya, dan segala upaya untuk memulangkan pengungsi Suriah ke kampung halaman mereka adalah dikehendaki dan tak patut dikritik oleh siapapun.

Para Menlu Arab pada November 2011 telah membekukan keanggotaan Suriah dalam Liga Arab serta memboikot pemerintah Suriah yang mereka tuduh menindas rakyatnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*