Kapal perang Uni Emirat Arab dirudal oleh pasukan Ansarullah (Houthi) di Yaman.

Kapal perang Uni Emirat Arab dirudal oleh pasukan Ansarullah (Houthi) di Yaman.

Sanaa, LiputanIslam.com –   Sebanyak 22 tentara Uni Emirat Arab (UEA) tewas akibat serangan pasukan Yaman terhadap kapal perang UEA jenis HSV-2 Swift di kawasan pantai Mukha, Laut Merah, di bagian barat Yaman.  Demikian dilaporkan laman berita al-Mayadeen, Sabtu (1/10/2016).

Milisi Ansarullah (Houthi) mengaku berhasil menggempur kapal itu hingga hancur total.

“Beberapa roket telah menarget kapal perang Emirat yang mencoba mendekati pantai Mokha. Kapal itu hancur total,” ungkap milisi Ansarullah Yaman (Houthi), seperti dilansir laman Sabanews.

Dalam video yang beredar di media sosial dan diunggap pula di Youtube, terlihat rudal melesat di kegelapan malam kemudian meledak menerjang obyek di tengah laut hingga terjadi kobaran api besar, dan terdengar teriakan-teriakan takbir dari pihak penyerang.

Video serangan itu dapat disaksikan di sini:

Juru bicara militer Yaman Ghalib Luqman menyatakan bahwa korps pasukan rudal Yaman memang tidak akan membiarkan kapal perang asing melanggar wilayah perairan Yaman.

“Kapal itu pasti hancur,” tegasnya, seperti dikutip IRNA.

Kantor berita UEA, WAM, mengutip pernyataan militer UEA bahwa pihaknya masih melakukan investigasi. Tanpa menyebutkan bagaimana kondisi kapal itu, militer UEA menyatakan kapal itu sedang melakukan pelayaran rutin dari Aden di bagian selatan Yaman.

UEA merupakan anggota kunci pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi Yaman sejak Maret tahun lalu sampai sekarang dengan dalih membela pemerintahan presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL