Demonstran Palestina membawa sebuah bendera nasional saat aksi protes menuntut berakhirnya blokade Israel di jalur Gaza.

Gaza, LiputanIslam.com –  Departemen Kesehatan Palestina di Gaza menyatakan dua orang Palestina gugur syahid dan 66 orang lainnya menderita luka akibat serangan pasukan Zionis Israel terhadap warga Palestina yang menggelar unjuk rasa di dekat perbatasan Gaza-Israel (Palestina pendudukan 1948), Jumat (6/9/2019).

Disebutkan bahwa satu di antara dua warga Palestina yang gugur adalah Ali Sami al-Ashqar, 17 tahun, sedangkan satu lainnya belum terungkap identitasnya.

Lembaga itu menambahkan bahwa di antara puluhan korban luka terdapat 38 orang terkena peluru tajam.

Ratusan orang Palestina pada hari itu bergerak menuju lima titik lokasi di dekat pagar pengaman yang dipasang Israel dekat perbatasan Gaza. Mereka bergerak untuk menggelar aksi yang rutin dilakukan setiap hari Jumat untuk meneriakkan hak kepulangan pengungsi Palestina dan menuntut pencabutan blokade Israel atas Jalur Gaza.

Baca: Israel Hancurkan Desa Negev Palestina untuk 156 Kali

Aksi yang dikenal dengan nama “Great March of Return (GMR)” itu digerakkan oleh Komisi Tinggi Nasional GMR yang terdiri atas berbagai faksi pejuang Palestina sejak Maret 2018.

Baca: Israel Tahan 76 Warga Palestina Tanpa Pengadilan

Aksi damai itu sering dihadapi Israel dengan kekerasan untuk membubarkan massa hingga sejauh ini telah menggugurkan puluhan orang Palestina dan melukai ribuan lainnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*