Washington, LiputanIslam.com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kepada Reuters mengaku tetap bersama Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), meskipun dinas rahasia AS, CIA, menilai putra mahkota dan penguasa de facto Arab Saudi  ini sebagai orang yang memerintahkan pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi, dan walaupun ada desakan dari senator AS agar Gedung Putih untuk mengutuk MBS.

Trump menolak berkomentar mengenai kemungkinan MBS terlibat dalam pembunuhan yang terjadi di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu itu, ttapi dia telah memberikan berbagai isyarat gamblang dukungannya kepada MBS selama dunia dihebohkan oleh kasus kematian Khashoggi sejak sekira dua bulan lalu.

“Dia pemimpin Arab Saudi. Mereka telah menjadi sekutu yang sangat baik,” kata Trump dalam sebuah wawancara di Oval Office.

Ditanya Reuters apakah bersama Kerajaan Saudi berarti bersama MBS, Trump menjawab: “Ya, pada saat ini, tentu saja.”

Dia menambahkan, “Saya hanya belum mendengar itu. Jujur, saya tidak dapat berkomentar karena saya belum mendengar itu sama sekali.”

Selasa lalu Trump kembali menegaskan bahwa “Putra Mahkota menyangkal keras” keterlibatan dalam pembunuhan yang telah memicu kemarahan di seluruh dunia itu.

Trump telah mendapat kecaman keras dari sesama anggota Partai Republik di Senat dalam masalah ini, terutama setelah Direktur CIA Gina Haspel memberi penjelasan kepada mereka.

Bulan lalu, CIA memperkirakan MBS memerintahkan pembunuhan, tapi Trump menyebut perkiraaan itu “sangat prematur”.

“Anda harus buta secara sengaja agar tidak sampai pada kesimpulan bahwa ini diatur dan diatur oleh orang-orang di bawah komando MBS,” kata senator Partai Republik Lindsey Graham, sekutu Trump, pekan lalu.

Otoritas Arab Saudi membantah keterlibatan MBS, dan telah menangkap 21 orang yang diduga terlibat. Namun, karena beberapa orang dekat MBS dilaporkan terlibat dalam pembunuhan Khashoggi maka banyak pengamat meragukan anggapan bahwa MBS sama sekali tidak mengetahui apa yang terjadi dalam kasus ini. (mm/middleeasteye)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*