Raqqa, LiputanIslam.com – Kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerah secara massal bersama keluarga mereka dan menyerahkan senjatanya kepada Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) di kawasan al-Baghour di bagian timur provinsi Deir Ezzor, Suriah.

Berbagai sumber media, Rabu (20/2/2019), menyatakan bahwa sebanyak 25 truk yang mengangkut kawanan ISIS dan keluarganya telah tiba di beberapa daerah kekuasaan SDF.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa pada Selasa lalu sebuah konvoi yang terdiri dari 60 truk telah memasuki distrik al-Baghour untuk mengevakuasi mereka, dan saat itu diperkirakan bahwa para anggota ISIS yang tersisa akan keluar dalam beberapa jam atau beberapa hari mendatang.

Saluran Rudaw menyebutkan bahwa sekira 80 unit truk telah mengevakuasi warga sipil dari kawasan-kawasan yang terkepung di al-Baghour.

Media kelompok Kurdi Suriah ini menambahkan bahwa operasi itu dilakukan sesuai kesepakatan SDF dengan pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS), dan bahwa warga sipil telah dievakuasi ke daerah-daerah aman dan semuanya diperiksa secara ketat oleh pasukan AS.

Al-Baghour adalah kawasan di mana ISIS akhirnya terkepung di tempat seluas sekira setengah kilometer persegi oleh SDF yang menggelar operasi militer sejak September 2018 dengan dukungan pasukan koalisi internasional di provinsi Deir Ezzor, Suriah timur.

Intensitas serangan SDF terhadap ISIS belakangan dilaporkan menurun karena ISIS menggunakan warga sipil yang sebagian besar perempuan dan anak kecil dari kalangan keluarga ISIS sendiri sebagai perisai manusia.  

Direktur pusat media SDF Mostafa Bali Rabu lalu kepada AFP mengatakan, “Kami memiliki satuan-satuan khusus untuk mengevekuasi warga sipil, dan setelah dilakukan upaya selama beberapa hari kami dapat mengevekuasi gelombang pertama pada hari ini.” (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*