Buenos Aires, LiputanIslam.com – Putra Mahkota Saudi, Mohammad bin Salman (MbS), diketahui mengatakan kepada presiden Prancis, Emmanuel Macron, “jangan khawatir” di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina , Jumat (30/11/2018).

Keduanya terlihat berdiri berdekatan dan melakukan percakapan informal di sela-sela KTT, dan tampak tidak menyadari percakapan mereka sedang direkam.

Percakapan itu menarik perhatian pers di tengah heboh dugaan bahwa MbS telah memerintahkan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, serta melakukan kejahatan perang di Yaman.

Menurut analisis The Guardian atas percakapan mereka yang hanya terdengar sebagian di antaranya, Macron menanggapi MbS dengan mengatakan, “Saya khawatir. Saya khawatir… saya sudah bilang. ”

“Ya, Anda sudah bilang, terima kasih banyak,” kata MbS.

“Anda tidak pernah mendengarkan saya,” lanjut Macron.

“Tidak, saya dengar, tentu saja,” jawab MbS yang tersenyum lebar setelah tampaknya menyadari adanya sorotan kamera televisi.

“Sebab saya sudah memberitahu Anda. Itu lebih penting bagi Anda, ”lanjut Macron, sebelum berpaling dari kamera untuk berbicara lebih jauh kepada pangeran.

Macron kemudian mengatakan sesuatu yang tidak terdengar, yang kemudian dibalas Mbs Dengan berkata, “Tidak apa-apa. Saya bisa menghadapinya.”

Setelah segmen percakapan yang tak terdengar jelas, Macron mengatakan, “Saya adalah orang yang selalu memenuhi janji.”

Tidak jelas apa yang menjadi tema dari percakapan itu, namun pembunuhan Khashoggi dan ancaman kelaparan massal di Yaman telah menimbulkan bayangan berat atas kehadiran putra mahkota di KTT itu.

Istana Élysée mengatakan kedua pemimpin itu melakukan percakapan selama lima menit di sela-sela KTT di mana Macron menyampaikan pesan “sangat tegas” kepada pangeran atas pembunuhan dan atas keharusan adanya solusi politik untuk situasi di Yaman. (mm/theguardian)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*