NewYork, LiputanIslam.com –  Dewan Keamanan PBB, Kamis (20/12/2018), mengadakan sidang mengenai Suriah dengan fokus pada komite konstitusi yang didukung PBB, beberapa hari setelah tiga mediator proses perdamaian di Suriah mencapai kesepakatan di Jenewa, Austria.

Ditujukan kepada sidang ini, Wakil Tetap Suriah untuk PBB Bashar al-Jaafari mengatakan negaranya terbuka untuk setiap inisiatif yang dapat membantu mengakhiri krisis yang sedang berlangsung, namun dia mengingatkan bahwa inisiatif itu harus membuka jalan bagi bangsa Suriah sendiri untuk memutuskan masa depan mereka tanpa intervensi asing.

Dia mengimbau masyarakat internasional agar membantu Suriah mengakhiri perang kontra-terorisme dan membasmi sisa-sisa organisasi teroris. Dia memastikan bahwa Suriah “sedang menulis bab terakhir perjuangannya melawan terorisme”.

Jaafari mengecam dukungan negara-negara Barat kepada  kelompok-kelompok teroris di Suriah, dan menegaskan bahwa Barat mengaku berkomitmen pada kedaulatan, kemerdekaan dan integritas Suriah, tapi justru mengagresi dan menyerang wilayah Suriah.

Sebelumnya, utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, memberi penjelasan singkat kepada sidang Dewan Keamanan PBB tentang hasil pembicaraan di Jenewa dua hari sebelumnya, yang dihadiri oleh para petinggi diplomat Iran, Rusia dan Turki.

“Kami hampir menyelesaikan pekerjaan menempatkan komite konstitusional untuk merancang reformasi konstitusi, sebagai kontribusi terhadap proses politik, tapi ada satu mil ekstra untuk pergi,” kata de Mistura.

De Mistura memperkirakan komite itu tidak dapat menyelesaikan tugasnya pada akhir tahun ini seperti yang diharapkan.

“Saya sangat menyesal apa yang belum tercapai,” tambahnya, sembari melaporkan permasalahan yang ada disertai daftar peserta yang diusulkan oleh pemerintah Damaskus.

Badan PBB yang beranggotakan 15 negara itu mengadakan pertemuan dua hari setelah Iran, Rusia, dan Turki sepakat dalam perundingan di Jenewa untuk meningkatkan upaya-upaya yang bertujuan mengadakan sidang pertama Komite Suriah yang disponsori PBB awal tahun depan. (mm/almanar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*