Sanaa, LiputanIslam.com –  Kementerian Kesehatan Yaman yang berafiliasi dengan kelompok pejuang  Ansarullah (Houthi) menyatakan bahwa enam warga sipil terbunuh dan 52 lainnya, termasuk dua warga negara Rusia, luka-luka akibat serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap ibu kota Yaman, Sanaa, Kamis pagi waktu setempat (16/5/2019).

Dalam sebuah pernyataan persnya, kementerian itu menyebutkan bahwa dua warga negara Rusia itu termasuk penghuni bangunan yang menjadi sasaran serangan udara.

Juru bicara kementerian itu, Yusuf al-Hadhiri, mengatakan bahwa korban tewas antara lain dua anak kecil, dan pada korban luka pun juga terdapat kaum perempuan dan anak kecil.

Dia menyerukan kepada masyarakat  dan organisasi internasional, terutama PBB, agar menunaikan tanggung jawab mereka di depan memburuknya situasi kesehatan di Yaman akibat “pembantaian yang terus menerus dan kejahatan koalisi agresor.”

Para saksi mata mengatakan bahwa jet tempur pasukan koalisi pimpinan Saudi melancarkan dua serangan udara ke lingkungan perumahan di pusat kota Sanaa hingga jatuh sejumlah korban tewas dan luka serta kerusakan parah pada beberapa rumah.

Pasukan koalisi telah meningkatkan serangan udara ke Sanaa sejak Rabu malam setelah situasi di Sanaa sempat tenang selama beberapa pekan terakhir.

Serangan udara itu terjadi setelah Ansarullah pada hari Selasa lalu menggempur jaringan pipa minyak di provinsi al-Dodami dan al-Afif di kawasan Riyadh hingga menyebabkan banyak kerusakan.

Baca:  Saudi Akui Stasiun Minyaknya Dekat Riyadh Diserang Pesawat Nirawak Yaman

Pasukan koalisi , Kamis, mengungumkan dimulai operasi khusus untuk menggempur area  militer Ansarullah demi “menetralkan kemampuan serangan milisi Houthi.”

Di pihak lain, Ansarullah menegaskan pihaknya siap melancarkan operasi lagi jika agresi pasukan koalisi ke Yaman masih berlanjut.

Al-Alam melaporkan bahwa pasukan koalisi melancarkan lebih dari 20 serangan udara ke berbagai

wilayah di Yaman hingga menjatuhkan beberapa korban yang sebagian di antaranya berasal dari satu keluarga. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*