Riyadh, LiputanIslam.com –  Arab Saudi menuduh Iran memerintahkan kepada kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman agar menyerang fasilitas minyak Saudi di dekat Riyadh dengan pesawat nirawak, namun Ansarullah membantah keras tudingan ini.

“Apa yang telah dilakukan oleh milisi Houthi yang didukung Iran berupa serangan teroris terhadap dua stasiun pompa Saudi Aramco menunjukkan bahwa itu tak lain hanyalah instrumen untuk mengimplementasikan agenda Iran,”  tulis Pangeran Khalid, putra Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi, di Twitter, sebagaimana dilaporkan Rai al-Youm, Kamis (16/5/2019).

Dia juga mencuit, “Tindakan Houthi  melancarkan aksi-aksi teror adalah atas perintah tinggi dari Teheran, mereka menempatkan tiang gantungan pada upaya diplomatik saat ini.”

Sementara itu, Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir di Twitter mengklaim, “Hari demi hari al-Houthi menegaskan bahwa ia mengimplementasikan agenda Iran dan menjual nilai-nilai rakyat Yaman, dan keputusannya adalah untuk kepentingan Iran.”

Al-Jubeir menuding Ansarullah “bagian integral dari IRGC dan melaksanakan perintahnya, dan serangan mereka terhadap fasilitas di Kerajaan (Saudi) menunjukkan hal ini.”

Dua stasiun pompa saluran pipa utama di Arab Saudi diterjang serangan pesawat nirawak Yaman pada  Selasa lalu hingga operasi pemompaan minyak terhenti.

Baca: Saudi Akui Stasiun Minyaknya Dekat Riyadh Diserang Pesawat Nirawak Yaman

Ansarullah mengaku telah menggempur “instalasi vital Saudi” dengan tujuh pesawat tak berawak, dan menegaskan bahwa “operasi militer besar-besaran ini merupakan balasan atas agresi dan blokade yang terus-menerus terhadap bangsa kami.”

Di pihak lain, Ansarullah menepis tudingan dan klaim tersebut dengan menegaskan bahwa Yaman diblokade secara ketat sehingga bahan panganpun tak dapat masuk ke Yaman, apalagi senjata, dari luar negeri. Kelompok ini menegaskan nirawak tersebut dibuat oleh orang-orang Yaman sendiri. (mm/raialyoum/ alalam) 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*