Rudal Badr-1 buatan Yaman

Riyadh, LiputanIslam.com –  Arab Saudi menyatakan bahwa kelompok Ansarullah (Houthi) di Yaman telah melancarkan serangan rudal ke Dahran di bagian selatan Saudi hingga menghancurkan beberapa bangunan, “termasuk satu masjid.”

“Para personil pertahanan sipil pada Selasa malam menginformasikan jatuhnya lontaran militer yang diluncurkan oleh anasir kelompok Houthi dari dalam wilayah Yaman terhadap salah satu desa di provinsi Dahran,” ungkap kantor berita resmi Saudi, SPA.

Mengutip keterangan narasumbernya, SPA mengklaim serangan Houthi itu “menimpa sebuah masjid, satu rumah penduduk, dan sumur pertanian hingga menimbulkan kerugian materi namun tidak sampai menjatuhkan korban jiwa maupun luka.”

Di pihak lain, sumber militer Yaman mengatakan kepada laman TV al-Masirah milik Ansarullah bahwa pasukan rudal kelompok ini telah melesatkan satu rudal balistik jenis Badr 1 buatan lokal terhadap kamp militer modern pasukan Saudi di Dahran Asir.

Sumber itu mengklaim serangan tersebut tepat menimpa sasaran hingga menjatuhkan korban manusia dan materi.

Sejak Saudi dan sekutunya melancarkan invasi militer ke Yaman pada 26 Maret 2015 Ansarullah berusaha membalas serangan dengan menembakkan rudal-rudal balistik jarak menengah dan jauh, dan Saudi mengaku berhasil menjatuhkan sebagian rudal itu dengan sistem pertahanan udaranya.

Sejauh ini Ansarullah tercatat sudah melepaskan sebanyak 197 rudal ke Saudi hingga menyebabkan 112 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Pasukan koalisi pimpinan Saudi mengklaim bahwa ratusan korban itu adalah warga sipil.

Yaman sudah empat tahun dilanda perang antara Ansarullah yang menguasai beberapa provinsi di Yaman, termasuk Sanaan, dan loyalis presiden tersingkir Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung oleh pasukan koalisi pimpinan Saudi. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*